Sejarah Singkat Internet

Berbagi Sumber Daya

Internet dimulai pada tahun 1960an sebagai cara bagi peneliti pemerintah untuk berbagi informasi. Komputer di tahun 60-an berukuran besar dan tidak dapat bergerak dan memanfaatkan informasi yang disimpan di komputer mana pun, seseorang harus melakukan perjalanan ke lokasi komputer tersebut atau mengirimkan kaset magnetik komputer melalui sistem pos konvensional.

Katalis lain dalam pembentukan Internet adalah memanasnya Perang Dingin. Peluncuran satelit Sputnik oleh Uni Soviet mendorong Departemen Pertahanan AS untuk mempertimbangkan cara-cara penyebaran informasi bahkan setelah serangan nuklir. Hal ini akhirnya mengarah pada terbentuknya ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network), jaringan yang pada akhirnya berkembang menjadi apa yang sekarang kita kenal sebagai Internet. ARPANET sukses besar namun keanggotaannya terbatas pada organisasi akademis dan penelitian tertentu yang memiliki kontrak dengan Departemen Pertahanan. Menangapi hal ini, jaringan lain diciptakan untuk menyediakan pertukaran informasi.

1 Januari 1983 dianggap sebagai hari lahir resmi Internet. Sebelumnya, berbagai jaringan komputer tidak memiliki cara standar untuk berkomunikasi satu sama lain. Protokol komunikasi baru dibuat yang disebut Transfer Control Protocol/Internetwork Protocol (TCP/IP). Hal ini memungkinkan berbagai jenis komputer di jaringan berbeda untuk “berbicara” satu sama lain. ARPANET dan Jaringan Data Pertahanan secara resmi berubah menjadi standar TCP/IP pada tanggal 1 Januari 1983, maka lahirlah Internet. Semua jaringan kini dapat terhubung dengan bahasa universal.

Model komputer Univac I, c. 1954

Gambar di atas adalah model skala UNIVAC I (nama singkatan dari Universal Automatic Computer) yang dikirimkan ke Biro Sensus pada tahun 1951. Beratnya sekitar 16.000 pon, menggunakan 5.000 tabung vakum, dan dapat melakukan sekitar 1.000 perhitungan per detik. Itu adalah komputer komersial Amerika pertama, serta komputer pertama yang dirancang untuk penggunaan bisnis. (Komputer bisnis seperti UNIVAC memproses data lebih lambat dibandingkan mesin tipe IAS, namun dirancang untuk input dan output yang cepat.) Beberapa penjualan pertama dilakukan ke lembaga pemerintah, Perusahaan AC Nielsen, dan Perusahaan Asuransi Prudential. UNIVAC pertama untuk aplikasi bisnis dipasang di Divisi Peralatan General Electric, untuk melakukan penggajian, pada tahun 1954. Pada tahun 1957 Remington-Rand (yang membeli Eckert-Mauchly Computer Corporation pada tahun 1950) telah menjual empat puluh enam mesin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top